Rambu-Rambu Penyusunan RPP Kurikulum 2013


(Ditulis oleh : Sunarwijah,S.Pd – Guru SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen)

Logo kriklum 2013

Awal Tahun Pelajaran 2013 telah berjalan dan bagi rekan-rekan yang berprofesi sebagai guru pasti mengetahui bahwa pada tahun 2013 ini Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang pelaksanaanya dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Pada kesempatan ini saya akan membagi pengalaman perihal Rambu-Rambu Penyusunan RPP Kurikulum 2013 pada waktu mengikuti Sosialisasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di “The Sahid Rich Jogja Hotel” pada Tanggal 09 Juli 2013 s/d 13 Juli 2013.

Berdasarkan PP 19 Tahun 2005, Pasal 20 dinyatakan bahwa:

”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk mengembangkan prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Dalam rangka pelaksanaan kurikulum tahun 2013, guru harus menyusun RPP dengan menyesuaikan  berberapa  komponen dengan dokumen kurikulum tersebut.  Selain itu didalam rencana pelaksanaan pembelajarannya harus menerapkan pendekatan scientific dan penilaian autentik.

Pada kurikulum 2013, istilah standar kompetensi tidak dikenal lagi. Namun muncul istilah kompetensi inti, Kompetensi inti merupakan gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran.

Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dimulai dari  mencantumkan Identitas RPP, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran,  Kegiatan Pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.  Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan suatu kesatuan. Langkah-langkah pembelajaran dimungkinkan disusun dalam bentuk rangkaian kegiatan, yang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran yang dipilih dan menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya.

Semoga pengalaman ini bermanfaat dan sebagai contoh untuk Rambu-Rambu Penyusunan RPP Kurikulum 2013 bisa anda download di sini. Salam sukses selalu !

Posted on 16/08/2013, in Dunia Pendidikan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: