Tips merawat USB Broadband


Modem adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang bisa dipasang secara internal maupun eksternal agar kita dapat mengakses internet, khususnya apabila kita menggunakan komputer PC atau Laptop. Macam-macam modem banyak jenisnya baik yang internal maupun yang eksternal, salah satunya yaitu USB Broadbrand. Jenis modem USB Broadband ini dipasang secara eksternal, dan orang menyukai jenis ini karena sangat praktis dan mobile untuk dibawa kemana-mana. USB Broadband selintas mirip dengan USB Flashdisk tempat penyimpan data, selain ukuranya kecil tampilannya juga variatif. Bedanya USB Broadbrand ini berisi sebuah sim card yang terpasang seperti pada pesawat  handphone dari provider/operator yang menyediakan layanan akses internet, baik yang GSM atau CDMA. Karena seringnya dipergunkan tidak jarang USB Broaband ini mengalami ganguan atau hang, sehingga terkadang membuat kita jengkel ketika saat beraktifitas tiba-tiba sambungan terputus atau tidak bisa download dan upload data, dan yang menjadi sasaran kemarahan kita biasanya adalah provider penyedia layanan. Padahal belum tentu masalah tersebut penyebabnya operator jaringan, terkadang kita lupa apabila hal ini justru problemnya ada pada perangkat hardwarenya atau USB Broadbrandnya. Sehingga hal tersebut membutuhkan perhatian dan perawatan, untuk itu akan saya sampaikan beberapa tips merawat USB Broadband anda agar tetap awet dan nyaman dipergunakan berdasarkan pengalaman yang saya lakukan, diantaranya yaitu :
  1.  Pasang USB Broadband  pada posisi yang pas dengan colokan/port  komputer anda,  jangan sampai miring atau belum masuk ujungnya secara keseluruhan.
  2. Biasakan tunggu konek jaringan sampai ada tanda signal, baru anda mulai browsing.
  3. Hindarkan dari kontak panas langsung atau tidak langsung.
  4. Jangan taruh di dekat medan magnet.
  5. Hindarkan dari benturan yang keras.
  6. Jangan letakan  di tempat yang lembab dan berair.
  7. Tutup selalu ujung USB dengan penutupan yang rapat.
  8.  Apabila pemakaian lebih dari 4 jam, putuskan koneksi terlebih dahulu dan diamkan sebentar biar panas USB lebih dingin baru anda mulai konek lagi.
  9. Jangan dibiasakan mencabut USB apabila status masih konek, lebih baik putuskan dahulu koneksinya baru out/diclose.
  10. Bersihkan ujung USB dari debu dan kotoran yang menempel minimal tiga hari sekali.
  11. Jika USB Broadbrand tidak akan dipakai dalam jangka waktu yang lama, keluarkan simcard dari tempatnya agar tidak terkontaminasi jamur yang biasa terjadi pada sirkuit boardnya apabila terlalu lama tidak dipakai.
  12. Jangan pernah membuka sendiri panel USB apabila bukan ahlinya, karena sirkuit di USB Broadbrand sangat sensitif.
  13. Apabila ada kelainan segera tanyakan ke custumer service produk yang bersangkutan, apabila masih garansi lebih baik minta ganti tukar dengan yang baru.
  14. Pilih product USB Broadbrand yang kompatible dengan jaringan layanan internet yang tersedia dan mempunyai jangkauan signal yang baik dari tempat anda, hal ini bisa menghemat energi loading yang dibutuhkan sehingga kerja USB broadbrand tidak terlalu berat.
  15. Jangan terlalu lama tidak dipakai, usahakan minimal dalam satu bulan 1 jam digunakan, agar sirkuitnya tidak lembab yang bisa menjadikan berkarat akibat tidak ada panas yang mengalir.
        Selain hal-hal tersebut di atas sebenarnya masih banyak cara untuk merawat USB Broadband kita menjadi awet dan tahan lama, salah satunya jangan terlalu lama dicolokkan di port komputer anda apabila memang tidak sedang dipakai online, hal ini supaya panas komponen komputer tidak ikut merambat ke tempat simcard yang dipasang di USB Broadband anda yang bisa menyebabkan melelehnya tempat simcard berada.
 
Oky… selamat mencoba, jika ada tips lain boleh anda tambahkan pada kolom comment !
 
 

Posted on 26/04/2011, in Tips dan Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: